Alat Pemadam Kebakaran Otomatis

Head Fire Sprinkler System

Fire Sprinkler mempunyai prinsip kerja yang sangat kompleks bila diperhatikan lebih seksama. Apalagi jika dilihat Fire Sprinkler mempunyai komponen yang cukup banyak supaya ia dapat dijalankan dengan baik. Proses pemasangan Fire Sprinkler tidak akan lepas dari adanya tandon yang digunakan untuk menyediakan pasokan air. Sehingga Anda membutuhkan perencanaan yang matang dalam proses pemasangan / instalasi buah.

Distributor Head Sprinkler

Perusahaan kami adalah salah satu distributor yang menyediakan Fire Sprinkler beserta jasa instalasi nya dengan menganut ketetapan Standard Nasional Indonesia (SNI) 03-3989- 2000. Tentu saja kami telah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam keperluan fire safety apalagi proses pemasangan buah. Kami siap memberikan solusi untuk anda yang membutuhkan alat keamanan pemadam kebakaran.

Tipe Head Sprinkler Berdasarkan Pemasangannya

Basement Parking, diatas ceiling

Inside room dengan ceiling (plafond) atau tanpa ruang ceiling

Ruangan Hotel

Sebagai nilai estetika

Prinsip Kerja Fire Sprinkler untuk Proteksi Bangunan dari Kebakaran

Prinsip kerja yang dimiliki oleh Fire Sprinkler sangat kompleks dan ia terdiri dari beberapa komponen yaitu pipa pada sprinkler, kepala sprinkler, dan sistem penyediaan air. Dalam perencanaan instalasi Fire Sprinkler Anda harus mempersiapkan beberapa rancangan sedetail mungkin karena ia berguna untuk memaksimalkan kinerja dan prinsip yang dimiliki. Setiap komponen yang ada pada Fire Sprinkler mempunyai peran masing-masing dapat menjalankan sistem Fire Sprinkler dengan baik.

Prinsip kerja yang dimiliki oleh Fire Sprinkler tergolong sangat canggih dan ia adalah terobosan baru yang dibuat dalam sejarah manusia. Fire Sprinkler adalah sistem yang dibuat secara khusus untuk memadamkan kebakaran ketika terjadi pada sebuah bangunan, alat ini bisa menyala secara otomatis ketika terdeteksi adanya nyala api. Jadi Fire Sprinkler adalah salah satu sistem yang bisa anda andalkan ketika bangunan atau ruangan terjadi kebakaran tapi tidak diketahui oleh beberapa orang yang ada di dalamnya. Dalam proses kerja Fire Sprinkler ini telah dipadukan dengan alarm smoke detector atau alarm fire detector.

Berikut adalah detail dari prinsip kerja yang dimiliki oleh Fire Sprinkler ketika terjadi kebakaran:

  • Fire Sprinkler akan segera bekerja secara otomatis ketika ia mendeteksi suhu panas sekitar 68°C
  • Ketika terdeteksi panas otomatis kepala dari sprinkler akan terbuka dan mengeluarkan air.
  • Clapper pada alarm valve akan terbuka dan menyebabkan seat pada alarm check valve terbuka dan membawa air yang mengalir dari pipa.
  • Aliran air dapat berhenti mengalir ke pressure switch, alarm gong dan juga ke fire sprinkler.

Radius Sprinkler

Radius atau jarak yang bisa ditempuh oleh sprinkler cukup beragam. Ada yang bahkan mencapai jarak radius hingga 32 meter. Hasil output yang dikeluarkan oleh Fire Sprinkler ini mirip seperti butiran air yang menyerupai hujan dan ia bisa membasahi area yang luas. Sudut tembakan yang dikeluarkan bisa anda atur dari sudut 0° – 360°.

Daftar Merk Fire Sprinkler System

5 Jenis Fire Sprinkler

Di dalam sistemnya, Fire Sprinkler telah dibedakan menjadi lima jenis dengan fungsi yang berbeda. Berikut adalah penjelasannya:

Wet Pipe System adalah salah satu bagian Fire Sprinkler yang digunakan sebagai alat pendeteksi kebakaran dalam waktu yang cepat di dalam sebuah ruangan bangunan. Wet Pipe System bisa dikatakan salah satu jenis sprinkler yang paling banyak digunakan di negara Indonesia.

Wet Pipe System mempunyai cara kerja yang lebih cepat karena instalasinya langsung terhubung dengan pipa yang selalu terisi air secara penuh. Sehingga apabila terjadi tanda kebakaran seperti asap atau api, ia dapat langsung bekerja dengan cepat.

Dry Pipe System adalah sistem pencegah kebakaran secara otomatis yang disambungkan dengan sistem perpipaan dengan isi nitrogen atau udara dengan tekanan tinggi. Cara kerja yang dimiliki oleh Dry Pipe System tidak jauh beda dengan wet pipe system karena ia langsung terbuka ketika terdeteksi suhu panas dari kebakaran.

Preaction System adalah sistem yang dimiliki sprinkler secara otomatis dikendalikan apabila telah mendeteksi terjadinya kebakaran, sistem perpipaan yang ia miliki telah berisi udara yang tidak bertekanan serta udara yang bertekanan. Sistem pencegahan kebakaran jenis ini biasanya dibuat dengan tambahan sistem deteksi yang terpasang pada daerah yang sama.

Deluge System adalah jenis sprinkler yang digunakan untuk mencegah kebakaran di mana sistemnya terhubung dengan pemipaan suplai air melalui katup. Katup yang ia miliki menggunakan sebuah valve yang dibuka dengan sistem deteksi pada area sama dengan sprinkler. Sehingga apabila valve terbuka, maka suplai air akan langsung mengalir dalam sistem perpipaan.

Combiner Dry Pipe Preaction adalah salah satu jenis sistem sprinkler yang memiliki sistem terhubung secara otomatis pada pipa yang berisi udara bertekanan. Apabila terjadi kebakaran, alat pendeteksi Combiner Dry Pipe Preaction dapat membuka katup dan mengontrol air serta udara yang berada di dalamnya.

Air dan udara yang ada di dalam pipa suplai akan terisi secara penuh. Combiner Dry Pipe Preaction mempunyai cara kerja yang hampir sama dengan wet pipe system tapi ia bekerja lebih mirip dengan dry pipe apabila terdeteksi terjadinya kerusakan.

Daftar Produk Alat Pemadam Kebakaran

Apar Powder

Kelas: A, B, C

APAR terbuat dari kombinasi fosfat Mono-amonium dan ammonium sulphate. 

Apar Foam Aff (Busa)

Kelas: A, B

APAR dari bahan kimia yang dapat membentuk busa AFFF (Aqueous Film Forming Foam).

Apar Gas (HALON)

Kelas: -

APAR yang menggunakan media gas sebagai pengganti Hallon / HCFC -141b.

Apar CO2

Kelas: B, C

APAR yang menggunakan CO2 (karbon dioksida) sebagai bahan pemadam.

Apar Air

Kelas: A

APAR yang diisi Air dengan tekanan tinggi untuk menanggulangi kebakaran.

Apar Thermatic

Kelas: A, B, C

APAR otomatis pengganti Fire Sprinkler System yang terpasang di atas plafon.

Hubungi Kami

Anda tidak perlu lagi bingung dalam mencari segala kebutuhan alat pemadam kebakaran dan pengamannya, karena perusahaan kami hadir