Sistem Pemadam Kebakaran

Fire Hydrant

Apakah anda pernah mendengar istilah Fire hydrant dalam penanganan kebakaran? Salah satu produk alat pemadam kebakaran fire hydrant memang dahulu banyak dipasang untuk kebutuhan kota besar, tapi sekarang ini parah brand bukan hanya banyak digunakan untuk kebutuhan bangunan dalam kota besar saja tapi pada kotak kecil ia mulai dibutuhkan. Peredaran adalah salah satu alat yang mempunyai saluran air bertekanan yang terdiri dari reservoir, pompa saluran distribusi, dan perangkat output yang digunakan untuk memadamkan api. Fire hydrant banyak digunakan untuk keperluan bangunan yang diakses secara umum.

Fire Hydrant Adalah?

Fire hydrant adalah sebuah Terminal air yang digunakan untuk memadamkan api. Menurut National Fire Protection Association (NFPA) peredaran yang dipasang pada sebuah gedung seharusnya memiliki warna yang mencolok supaya ketika terjadi kebakaran yang tidak terduga, orang dapat dengan mudah mengetahuinya. Salah satu warna fire hydrant yang paling banyak diminati adalah merah.

Selain dibuat dengan warna yang mencolok, akan lebih baik apabila sistem file hydrant telah dibuat dengan saluran air yang lebih dari satu cabang (sistem looping / melingkar). Dengan adanya sistem melingkar seperti ini, anda bisa mencegah terjadinya kerusakan pada masalah aliran air. Setiap saluran air yang ada akan langsung terhubung dengan tangki penampungan ataupun sumur.

Harga Perlengkapan Hydrant

Dalam website ini kami menawarkan kepada anda jasa pemasangan fire hydrant dengan harga yang cukup variasi. Bahkan sistem hidran yang kami tawarkan kepada anda, ada yang dioperasikan secara manual ataupun komponennya bisa diaktifkan dengan settingan secara otomatis.

Instalasi Fire Hydrant System

Proses pemasangan sistem hidran tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, anda harus mempercayakan proses instalasi fire hydrant system ini dengan tenaga yang sudah profesional. Pemasangan sistem file hidran harus menyesuaikan dengan standar SNI sekaligus National Fire Protection Association (NFPA) karena sistem proteksi kebakaran ini mempengaruhi tingkat keamanan bangunan Apabila terjadi hal yang tidak terduga.

Dengan adanya pemasangan fire hydrant system anda bisa melindungi aset dan bangunan dari bahaya kebakaran yang tidak terduga. Perusahaan kami menyediakan jasa instalasi fire hydrant System yang telah menganut peraturan standar yang ditetapkan oleh SNI sekaligus National Fire Protection Association (NFPA), sebagai berikut:

Peraturan ini mengenai standar untuk Portable Fire Extinguisher.

Merupakan standar untuk Instalasi Sistem Sprinkler.

Standar yang mengatur Instalasi Selang dan Pipa tegak.

Peraturan standar mengenai Instalasi Pompa Sentrifugal.

Peraturan yang membahas tentang Bagaimana perencanaan akses bangunan serta lingkungan sebagai langkah untuk pencegahan bahaya kebakaran pada bangunan.

Standar mengenai tata cara perencanaan serta proses pemasangan pipa tegak dan selang supaya dapat mencegah kebakaran pada bangunan.

Daftar Merk Fire Hydrant System

Jenis & Komponen Hydrant

Setiap komponen yang terdapat dalam proses pemasangan fire hydrant merupakan satu kesatuan yang bekerja secara berkesinambungan supaya air dapat didistribusikan dengan baik saat proses pemadam kebakaran sedang berlangsung. Setiap komponen karbohidrat tentu saja memiliki fungsi masing-masing, berikut adalah beberapa komponennya:

Tandon mempunyai fungsi sebagai penyedia pasokan air untuk proses pemasangan Fire hydrant. Tandon ini harus bisa menyediakan hidran setidaknya minimal selama 30 menit. Anda kami sarankan membuat tandon air khusus untuk keperluan fire hydrant supaya dapat menghindari resiko Kegagalan sistem.

Ruang pompa ini adalah salah satu tempat dimana pompa hydrant, panel kontrol, pressure tank, suction, header, maupun aksesoris lainnya berada. Untuk bangunan besar kami sarankan Anda membuat khusus ruangan pompa seperti rumah dengan ukuran Panjang = 6 m an, Lebar = 5 m, Tinggi = 3 m. Ukuran ruangan ini cocok untuk menampung 3 pompa hydrant.

Sistem distribusi hydrant merupakan distribusi jaringan pipa yang menghubungkan tandon air menuju output air.

Sistem pipa terdiri dari beberapa komponen dengan diameter yang berbeda. Sistem ini mendistribusikan air dengan tekanan untuk dapat memadamkan api. Berikut adalah beberapa jenis pipa hydrant:

  • Sistem pipa utama (primary feeders) berukuran diameter 8-16 inch.
  • Pipa kedua (secondary feeders) berukuran diameter 6-12 inch.
  • Pipa cabang memiliki diameter 4.5-6 inch.

Pompa Fire hydrant terdiri dari tiga bagian yaitu pompa jockey, pompa elektrik sebagai pompa utama, dan pompa diesel sebagai pompa cadangan.

 

Panel kontrol ini difungsikan supaya dapat mengendalikan sistem kerja pompa hydrant dan bekerja sesuai dengan fungsinya. Prinsip yang dimiliki pompa Hidram berdasarkan tekanan yang ada pada instalasi pipa. Panel akan mengatur dan menetapkan tekanan pada pompa hydrant yang ia dapatkan dari pressure switch.

Header merupakan pipa utama yang digunakan sebagai penghubung di antara pipa lainnya sehingga Ia memiliki ukuran lebih besar. Pipa header difungsikan untuk menyambung distribusi air dari pipa pengeluaran dan pompa pada jaringan sistem distribusi.

Suction (pipa hisap) difungsikan untuk menghubungkan air dari tandon menuju pada pompa hydrant. Dalam sistem kerja suction ia terdiri atas beberapa komponen yakni: foot valve, gate valve, Y strainer, dan flexible joint.

 

Pressure tank digunakan untuk menjaga tekanan dari pompa hydrant supaya selalu stabil dan dapat membuang udara yang terdapat di dalam proses pemasangan.

Daftar Produk Alat Pemadam Kebakaran

Apar Powder

Kelas: A, B, C

APAR terbuat dari kombinasi fosfat Mono-amonium dan ammonium sulphate. 

Apar Foam Aff (Busa)

Kelas: A, B

APAR dari bahan kimia yang dapat membentuk busa AFFF (Aqueous Film Forming Foam).

Apar Gas (HALON)

Kelas: -

APAR yang menggunakan media gas sebagai pengganti Hallon / HCFC -141b.

Apar CO2

Kelas: B, C

APAR yang menggunakan CO2 (karbon dioksida) sebagai bahan pemadam.

Apar Air

Kelas: A

APAR yang diisi Air dengan tekanan tinggi untuk menanggulangi kebakaran.

Apar Thermatic

Kelas: A, B, C

APAR otomatis pengganti Fire Sprinkler System yang terpasang di atas plafon.

Hubungi Kami

Anda tidak perlu lagi bingung dalam mencari segala kebutuhan alat pemadam kebakaran dan pengamannya, karena perusahaan kami hadir