Fire Door (Pintu Tahan Api)

Pintu Tahan Api

Fire Door / Pintu Kebakaran

Pintu pencegah api adalah pintu darurat untuk evakuasi korban ketika terjadi kebakaran di dalam gedung. Sifat yang dimiliki dari pintu ini yaitu bisa menahan rambatan kebakaran serama kurang lebih dalam 1 jam ketika iya mengalami kebakaran pada tingkat A. Apakah saat ini anda sedang mencari pintu darurat untuk kebakaran? Perusahaan kami juga menawarkan produk Fire door / pintu tahan api dengan kualitas terbaik untuk anda.

Spesifikasi Fire Door

Pintu kebakaran atau fire door merupakan pintu khusus yang mempunyai sifat tahan api dan telah didesain secara khusus sebagai jalur evakuasi apabila terjadi kebakaran di dalam bangunan. Kriteria yang harus dipenuhi dalam perancangan gedung telah ditetapkan dalam bab 3 Menteri Pekerjaan Umum (PU) Nomor: 26/PRT/M/2008, dimana ia telah memuat peraturan bahwa pintu kebakaran harus mempunyai desain yang bisa berayun dari posisi manapun jadi bisa dibuka secara terbuka dengan berbagai kondisi. Beberapa karakteristik dari bentuk kebakaran sebaiknya mempunyai ciri sebagai berikut:

  • Pintu kebakaran mempunyai sifat yang tahan terhadap api setidaknya dalam waktu 2 jam.
  • Pintu kebakaran telah dilengkapi dengan 3 bagian engsel, yaitu: alat penutup pintu otomatis (door closer), tuas/tungkai pembuka pintu (panic bar), tanda peringatan: “PINTU DARURAT – TUTUP KEMBALI”, dan kaca tahan api (maksimal 1 m2) yang diletakkan pada bagian setengah atas dari daun pintu.
  • Pintu mempunyai cat dengan warna mencolok seperti merah.

Syarat Pintu Tahan Api

Pintu kebakaran adalah peralatan penting dalam jalur evakuasi yang dibutuhkan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam instalasi yang bisa menambah kerugian material apabila terjadi kebakaran di dalam suatu bangunan. Oleh karena itu, iya harus mempunyai point audit keselamatan gedung yang terdiri dari:

  • Jarak keluar tidak boleh lebih dari 20 m atau tempat dengan jalur pintu kedua.
  • Terdapat jalan keluar Lainnya dengan jarak 60 meter.
  • Mempunyai detektor asap yang terpasang dengan jarak minimal 1,5 m dari tempat pintu berada.
  • Pintu ini langsung terhubung dengan jalan penghubung tangga, halaman luar, atau jalan umum.
  • Pintu kebakaran tidak boleh mempunyai sistem model geser ataupun sliding.
  • Pintu ini bisa dibuka secara penuh tanpa mengurangi lebar yang telah ditentukan.
  • Pintu kebakaran dalam keadaan bisa terbuka dengan normal.
  • Pintu kebakaran juga bisa menutup secara otomatis apabila terjadi kebakaran.
  • Di dalam pintu ini telah terdapat petunjuk pintu darurat.

SNI Pintu Darurat Tahan Api / Fire Door

Pintu kebakaran atau sering disebut sebagai fire door adalah pintu api yang mempunyai sistem proteksi kebakaran pasif pada bangunan, pintu ini sangat penting sebagai sarana jalan keluar keselamatan bagi orang yang berada di dalam bangunan tersebut. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan bagi Anda yang ingin membeli pintu kebakaran ini sebagai langkah persyaratan dari standar fire door pintu tahan api seperti apa yang baik.

Standar yang dimiliki oleh pintu tahan api meliputi bagian pintu, bingkai, hardware, atau bahkan terdapat kaca. Komponen ini biasanya telah dibuat dalam satu pabrikan karena harus memenuhi klasifikasi yang bisa digunakan dalam perakitan pintu api.

Standar pintu tahan api mempunyai kode National Fire Protection Association (NFPA) 80, Standard for Fire Doors and Other Opening Protectives, is referenced by the International Building Code (IBC), International Fire Code (IFC), NFPA 101, Life Safety Code, and other codes and standards. dan NFPA 105, Standard for the Installation of Smoke Door Assemblies and Other Opening Protectives. Untuk beberapa kasus, pintu tahan api ini harus mempunyai ukuran pintu maksimum yang tersedia dari produsen, oleh karena itu ia akan tetap dikontrol dengan koordinasi dari UL Building Materials Directory atau Intertek’s Warnock Hersey Mark Directory.

Dalam standar Indonesia / SNI pintu tahan api telah diatur secara lengkap dengan ketetapan nomor SNI 03-1736-2000 yang membahas mengenai perencanaan sistem proteksi pasif untuk pencegahan bahaya kebakaran pada bangunan gedung ataupun rumah. Pintu ini adalah sarana jalan keluar untuk penyelamatan Apabila terjadi kebakaran pada bangunan gedung.

Desain Pintu Tahan Api

Jual Pintu Tahan Api / Fire Door Berkualitas #1

FireSafety.co.id adalah perusahaan yang menyediakan berbagai macam alat pemadam kebakaran sekaligus alat safety untuk memberikan keamanan Apabila terjadi kebakaran. Kami menawarkan kepada anda produk pintu tahan api atau fire door dengan kualitas terbaik dan jaminan garansi 100%. Anda bisa langsung menghubungi customer service kami untuk dapat mengetahui informasi lebih lengkap mengenai penjualan pintu tahan api dengan berbagai ukuran ataupun spesifikasi yang anda butuhkan dalam bangunan gedung.

Kami dapat melayani pemesanan jual pintu tahan api hingga ke seluruh wilayah Indonesia yang bisa dikirim dengan bantuan jasa ekspedisi terpercaya, tim kami juga dapat ikut ke lokasi gedung anda dalam proses instalasi pintu tahan api yang aman dan sesuai dengan standar ketetapan dari SNI maupun NFPA. Jangan ragu menghubungi kami untuk melakukan konsultasi terkait kebutuhan alat pemadam kebakaran dan kebutuhan safety lainnya.

Daftar Produk Alat Pemadam Kebakaran

Apar Powder

Kelas: A, B, C

APAR terbuat dari kombinasi fosfat Mono-amonium dan ammonium sulphate. 

Apar Foam Aff (Busa)

Kelas: A, B

APAR dari bahan kimia yang dapat membentuk busa AFFF (Aqueous Film Forming Foam).

Apar Gas (HALON)

Kelas: -

APAR yang menggunakan media gas sebagai pengganti Hallon / HCFC -141b.

Apar CO2

Kelas: B, C

APAR yang menggunakan CO2 (karbon dioksida) sebagai bahan pemadam.

Apar Air

Kelas: A

APAR yang diisi Air dengan tekanan tinggi untuk menanggulangi kebakaran.

Apar Thermatic

Kelas: A, B, C

APAR otomatis pengganti Fire Sprinkler System yang terpasang di atas plafon.

Hubungi Kami

Anda tidak perlu lagi bingung dalam mencari segala kebutuhan alat pemadam kebakaran dan pengamannya, karena perusahaan kami hadir