Tips Memilih APAR untuk Mobil

APAR yang saat ini dikhususkan untuk pemadaman api pada mobil telah tersedia banyak di pasaran. Sebelumnya kami telah membagikan artikel tips memilih media APAR yang baik dan benar, maka dalam artikel ini kami akan berbagi sedikit seputar cara memilih APAR untuk mobil. 

Bukan sebuah rahasia umum apalagi mobil memiliki potensi rawan kebakaran yang sangat besar. Inilah yang nantinya akan membuat Anda sedikit khawatir tentang upaya keselamatan anda. Namun tetap tenang, anda bisa membaca ulasan poin berikut ini agar dapat memilih dan mempersiapkan APAR untuk mobil dengan benar. 

Sesuaikanlah Potensi Kebakaran Dengan APAR Untuk Mobil 

Seringkali dapat kita jumpai benda-benda yang menjadi penyebab kebakaran tersimpan di dalam mobil, tak terkecuali pula bahan bakar mobil. Benda cair yang mudah terbakar ini seringkali menjadi sebab munculnya api yang mengakibatkan kebakaran besar dalam mobil. 

Usut punya usut, kebakaran pada benda cair atau bahan bakar mobil tersebut berasal dari tangki, karburasi atau selang mobil yang bocor. Apabila bahan bakar keluar melalui celah kebocoran dan menimbulkan suhu panas, kemudian timbul reaksi bersama oksigen (segitiga api), maka api tersebut akan muncul dan menimbulkan kebakaran. 

Selain bahan bakar yang mudah terbakar, masalah kelistrikan atau elektrikal juga dapat menjadi penyebab kebakaran mobil. Seringkali hal tersebut terjadi ketika mobil melakukan proses modifikasi yang berkaitan dengan arus listrik di dalamnya, seperti modifikasi pencahayaan dan audio. Naiknya arus listrik pada mobil kadangkala dapat menimbulkan konsleting dan kebakaran besar.

Memilih Jenis APAR untuk Mobil

Karena melibatkan benda cair yang mudah terbakar, maka klasifikasi yang cocok untuk kebakaran pada mobil adalah kelas B. Namun apabila kebakaran tersebut melibatkan elektrikal, maka klasifikasi kebakarannya masuk pada kelas C. Pastikan anda memilih APAR yang mampu menangani dua kelas kebakaran tersebut yaitu kelas B dan C. Media yang bisa menjinakkan kedua kelas kebakaran tersebut yaitu APAR dry chemical powder dan CO2 atau karbondioksida. 

Anda juga turut harus menyesuaikan ukuran APAR yang akan diletakkan pada mobil. Pilihlah ukuran APAR dry chemical powder dan CO2 antara 1 kg hingga 3 kg. Ukuran itulah yang nantinya akan mempermudah Anda jalan melakukan penyimpanan APAR di dalam mobil sekaligus menyesuaikan dengan area yang akan dilindungi yaitu mobil