Tips Memilih Alat Pemadam Kebakaran

Tak dapat dipungkiri apabila saat ini telah banyak jenis alat pemadam kebakaran yang memiliki ukuran yang beragam. Bahkan medianya pula juga turut mengalami perkembangan pesat, seperti media pemadaman berisi serbuk kimia, busa, air dan powder. Lalu, bagaimanakah cara memilih jenis alat pemadam api ringan yang sesuai dengan kebutuhan? Temukan jawabannya dalam artikel kami berikut ini. 

Banyaknya alat pemadam kebakaran saat ini memiliki beberapa desain khusus guna memungkinkan para pengguna untuk mengoperasikannya. Semua jenis memang pernah ada, akan tetapi belum tentu semuanya telah tersedia di wilayah anda. 

Tips memilih alat pemadam kebakaran ini setidaknya akan mempermudah anda dalam mengetahui bagaimana alat tersebut bekerja sesuai dengan prosedur yang ada. Beberapa jenis alat pemadam kebakaran yang tersedia dalam beban, model, isi dan desain yang bervariasi. Namun tidak untuk cara mengoperasikannya, semuanya dianggap serupa, perbedaannya hanya sedikit saja. Sesuai dengan apa yang kami ulas pada artikel cara mengoperasikan alat pemadam api ringan untuk pemula. 

Jenis Media Alat Pemadam Kebakaran 

Berikut ini akan kami paparkan secara detail beberapa media alat pemadam kebakaran yang nantinya bisa anda gunakan sebagai pedoman, apabila membeli produk APAR di FireSafety.co.id

Alat Pemadam Kebakaran Busa (Foam) 

Tabung ini memiliki kandungan busa berupa Natrium Bikarbonat yang bercampur dengan air serta Aluminium Sulfat. Alat pemadaman jenis ini seringkali difungsikan untuk klasifikasi kebakaran kelas A, B dan C. Keunggulan yang dimiliki pada Apar busa adalah praktis, mudah digunakan dan tentu saja mampu menjinakkan api secara cepat. 

Alat Pemadam Kebakaran Karbon Dioksida (CO2) 

Sebagaimana kita ketahui bahwa kemunculan api selalu berhubungan dengan oksigen, maka dengan adanya karbondioksida ini api akan menjadi jinak dan cepat padam. Alat pemadam kebakaran ini biasanya dioperasikan pada klasifikasi kebakaran kelas B dan C. 

Alat Pemadam Kebakaran Serbuk Kimia (Dry Chemical Powder) 

Jika anda amati dari namanya, maka dapat diketahui jika tabung ini berisi serbuk kimia kering. Apa saja di sini banyak dioperasikan pada klasifikasi kebakaran kelas A, B, C dan E. Meskipun APAR ini berisi serbuk kimia, namun tingkat keamanannya jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan APAR CO2. 

Alat Pemadam Kebakaran Cairan 

Merupakan jenis Apar yang didalamnya terdapat cairan bertekanan tinggi. Sehingga Api dapat dipadamkan dengan mudah. Seringkali alat pemadam kebakaran ini difungsikan ketika terjadi kemunculan api besar yang diakibatkan oleh sampah kertas, karet, plastik dan bahan-bahan lainnya yang masih masuk dalam golongan kelas A. 

Tips Memilih Alat Pemadam Api Ringan 

  • Berikut ini beberapa tips yang bisa anda ikuti demi menghindari kesalahan pemilihan media alat pemadam api ringan, yaitu: 
  • Pilihlah jenis alat pemadam kebakaran yang menurut luas area yang akan dilindungi atau rawan terjadinya kemunculan api secara tiba-tiba.
  • Pilihlah komponen isi tabung yang mampu memadamkan api dengan durasi waktu yang cukup cepat. 
  • Buatlah analisa seputar keunggulan masing-masing jenis alat pemadam kebakaran di pasaran saat ini
  • Pastikan anda jenis alat pemadam kebakaran yang bisa dioperasikan tanpa ada kesulitan yang berarti.