Media APAR yang Cocok Untuk Pemadaman Api Kelas A

Saat ini telah tersedia banyak jenis tipe pemadam kebakaran yang bisa anda manfaatkan apabila terjadi kemunculan api sewaktu-waktu. Sekedar informasi, komposisi atau media pemadam api ternyata tidak dapat dimanfaatkan secara asal-asalan. Sebab masing-masing kebakaran memiliki klasifikasi yang berbeda. Oleh karena itu, ketika anda memanfaatkan APAR, komposisi atau medianya harus sesuai dengan klasifikasi kebakarannya, contoh apabila terjadi kelas kebakaran A maka APAR yang digunakan juga harus kelas A. 

Umumnya kelas kebakaran A diakibatkan oleh beberapa benda padat. Seringkali benda-benda tersebut berada di sekeliling lingkaran halaman kita. Contohnya yaitu kayu, kertas, kain dan sampah kering. Apabila Mengapa benda yang disebutkan tadi terkena panas kemudian bereaksi dengan oksigen, maka kemunculan api akan terjadi (segitiga api). 

Media Busa dan Cair APAR Untuk Kelas A

Media busa atau biasa disebut dengan foam serta cair merupakan media yang memiliki kesamaan dalam bahan baku berupa liquid atau air. Hanya saja pada media busa, terdapat sebuah tambahan biang busa selain air di dalamnya. Kedua media tersebut seringkali difungsikan pada pemadaman kebakaran kelas A dan B. 

Bagi sebagian orang, media ini dianggap paling efektif karena mampu meresap kedalam sumber api dan bahan bakar. Saat beberapa media tersebut meresap pada bahan bakar, secara otomatis media cair dan busa tersebut akan melakukan cooling down terhadap bahan bakar tersebut sampai akhirnya api dapat dipadamkan.

Komposisi Powder APAR untuk Kelas A

APAR Powder merupakan satu dari sekian jenis komposisi atau media APAR yang sudah banyak difungsikan dalam pemadaman api saat ini. Media powder begitu banyak dimanfaatkan karena memiliki cakupan yang luas dalam pemadam api. Tidak hanya berlaku pada ada kebakaran kelas A, bahkan juga menyeluruh sampai kelas kebakaran B, C dan D. 

Media powder tersebut memiliki cara kerja berupa menutup sumber yang menyebabkan terjadinya suatu area kebakaran. Begitu media ini disemprotkan, maka api akan tercover oleh media powder. Selanjutnya media tersebut akan menutup hubungan antara oksigen dengan api. Dengan demikian maka reaksi kimia pada segitiga api bisa diredam semaksimal mungkin dan mematikan api secara efektif.