Cara Pemadaman Api Kelas C dengan APAR CO2

Dalam artikel kemarin kami telah membahas cara memadamkan api kelas B, maka dalam artikel ini kami akan membahas memadamkan api kelas. Pada artikel kami akan membahas bagaimana secara lengkap Bagaimana pencegahan dan cara pemadamannya. 

Secara umum kebakaran listrik berasal dari sistem instalasi listrik yang salah, bisa juga dikarenakan pemeliharaan sistem kelistrikan yang kurang. Dalam mencegah kebakaran pada kelas C yang bersumber pada elektrikal atau kelistrikan, maka pastikan bahwa colokan listrik anda tidak terbebani sekaligus mengupayakan bahwa pekerjaan kelistrikan sesuai dengan standar operasional sesuai standar prosedur. 

Adapun, anda juga harus memastikan bahwa sistem kelistrikan terjaga dari debu, sarang laba-laba dan sampah. Usut punya usut, hal inilah yang justru menyebabkan kebakaran pada listrik. 

Hal lainnya juga yang harus kamu amati yaitu gunakan pemutus sirkuit serta sekering sebanyak mungkin. Tujuannya adalah sebagai pencegah lonjakan daya agar tidak menimbulkan kebakaran. 

Berikutnya, anda juga tidak lupa untuk mematikan daya sistem kelistrikan. Ketika sistem listrik mulai memunculkan percikan api pada kabel, colokan atau perangkat listrik lainnya, maka anda harus segera melakukan tindakan yaitu dengan memotong aliran daya pada sistem tersebut. Jika sumber api hanya sebuah percikan dan tidak menyebar ke beberapa media lain, maka acara tersebut sudah dianggap cukup untuk memadamkan api. 

Namun apabila sumbernya berasal dari sistem perkabelan atau perangkat-perangkat listrik, mana kamu tidak boleh menarik kabel perangkat tersebut begitu saja. Sebab inilah yang akan nanti menimbulkan resiko korsleting. 

Cara Memadamkan Api Kelas C 

Apabila api telah menyala, maka Kami menghimbau anda untuk segera memadamkan api tersebut dengan menggunakan dua perangkat alat pemadam, yaitu selimut anti api dan APAR CO2. 

Anda dapat menggunakan selimut anti api untuk melakukan pemadaman api listrik atau kebakaran kelas C. Hanya saja, cara ini berlaku apabila anda benar-benar telah menonaktifkan sumber daya listrik dengan baik. Secara umum selimut anti api merupakan buatan dari komposisi wol yang diolah menggunakan bahan kimia sehingga sangat direkomendasikan untuk menjadi isolator listrik. 

Menggunakan Selimut Anti Api

Dalam menggunakan selimut anti api, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengeluarkan selimut tersebut dari kemasan. Kemudian pegang selimut anti api pada posisi yang tidak terlipat, tepat pada bagian depan tubuh anda. Pastikan Anda menggunakan kedua tangan serta tubuh yang sudah tercover oleh selimut anti api yang sedang anda pegang. Kemudian Taruhlah selimut anti api pada bagian atas titik api. Pastikan anda tidak menutupnya dengan cara melempar selimut anti api. 

Menggunakan APAR CO2 

Anda juga bisa memanfaatkan APAR CO2 untuk melakukan pemadaman kebakaran kelas C yang bersumber dari listrik. Yakini dengan menggunakan APAR CO2 ini ini maka pemadaman pada kebakaran kelas C menjadi sangat efektif, hal ini dikarenakan APAR CO2 memiliki sejumlah karakteristik sebagai berikut: 

  • Memiliki karakteristik clean agent
  • Mampu bekerja secara efektif dalam memadamkan api, posisinya apabila menggunakan teknik breaking chain reaction
  • Non konduktor 
  • Tidak menghasilkan residu yang menyebabkan peralatan elektronik menjadi mudah berkarat 

Apabila Anda saat ini sedang berada dalam lingkungan yang banyak mengandalkan sistem kelistrikan, sudah saatnya anda menyiapkan APAR CO2 dari kami.