Cara Pemadaman Api Kelas B Lebih Efektif

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa api adalah suatu reaksi yang terdiri atas 3 unsur kimia. Diantaranya yaitu oksigen, bahan bakar dan panas. Api merupakan suatu wujud zat yang tidak hanya menghasilkan panas namun juga cahaya. Bagi manusia, keberadaan api kecil memiliki kegunaan yang sangat penting sekali untuk mengalirkan roda kehidupan. Namun, lain ceritanya apabila api berubah menjadi besar dan sulit untuk dikendalikan. Tentu saja hal ini akan dapat menimbulkan ancaman yang membahayakan nyawa manusia. 

Dalam istilah lain, reaksi ketika elemen kimia tersebut dinamakan dengan segitiga api. Jika segitiga api telah muncul, maka prosesnya akan berlangsung sangat cepat menjalar. Oleh karena itu, anda harus mengetahui bagaimana langkah-langkah memadamkan api secara benar 

Dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang media APAR yang sesuai untuk pemadaman kebakaran kelas A. Namun untuk artikel kali ini, hal yang kita bahas adalah bagaimana cara melakukan pemadaman pada kebakaran kelas B dengan benar. Pastikan anda menyimak dengan seksama agar tidak terjadi kesalahpahaman. 

Secara umum kebakaran kelas B terjadi akibat benda cair yang telah terbakar. Pada benda cair yang mudah terbakar tersebut, kategorisasi ke dalam dua benda yaitu polar dan nonpolar. 

Benda cair yang mudah terbakar jenis non polar merupakan cairan yang sulit bercampur atau larut dengan air. Misalnya: 

  • Minyak 
  • Wax 
  • Bensin 
  • Cat 
  • Oli 
  • Solvent 

Sementara benda cair yang mudah terbakar pada ada jenis polar merupakan kebalikan dari sifat jenis nonpolar, dimana sangat mudah larut dan bercampur pada air, misalnya 

  • Acetone 
  • Propanol 
  • Alkohol 
  • Metanol 

Cara Memadamkan Kebakaran Kelas B Secara Mudah Dan Efektif 

Hal yang pertama harus anda lakukan adalah menyiapkan selimut anti api terlebih dahulu. Secara umum selimut anti api tersebut berasal dari bahan wol yang diolah dengan bahan kimia guna memadamkan api. Apabila selimut anti api telah siap, maka anda hanya perlu menutupi bagian atas api dengan selimut tersebut. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah jangan melemparnya ke dalam api. 

Kemudian lanjutkan dengan menggunakan APAR untuk memutus tetrahedron api yang sudah membentuk. Untuk pemadaman kebakaran kelas B, maka media APAR yang cocok untuk digunakan adalah powder dan busa. APAR ini memiliki prinsip kerja dengan cara mengcover sejumlah titik api agar pasokan oksigen dapat memutus dan padam dengan segera.