Cara Mengisi Ulang Alat Pemadam Api Ringan

Mungkin bagi sebagian orang belum banyak mengetahui bagaimana cara mengisi ulang alat pemadam api ringan atau APAR secara benar dan sesuai prosedur. Padahal langkah pengisian ulang alat pemadam api ringan ini begitu penting untuk diketahui. Apabila beberapa langkah tersebut tidak sesuai dengan standar yang ada, maka bukan tidak mungkin jika akan menimbulkan dampak negatif terhadap alat pemadam api ringan yang saat ini anda miliki. 

Pada saat proses pengisian ulang alat pemadam api ringan, terdapat sesuatu yang harus anda dahulukan pertama-tama, sebelum memulai memasukkan media baru ke dalam tabung. Awalilah dengan membersihkan sejumlah sisa media pemadam api. Pastikan benar-benar tanpa tersisa sedikitpun. 

Cara Mengisi Ulang Alat Pemadam Api Ringan Sesuai Media dan Tekanannya 

Sisa media pada tabung telah dibersihkan dan telah melalui proses pengecekan beberapa komponen, maka anda bisa menuju pada tahap pengisian APAR. Terdapat sejumlah hal yang harus anda ketahui pada proses pengisian APAR, di antaranya yaitu: 

  • Isilah APAR sebagaimana media sebelumnya. Contoh, apabila anda memiliki APAR powder, maka anda harus mengisi dengan media powder. Hindari untuk mengisi APAR powder dengan media lain, seperti APAR CO2 atau busa. 
  • Isilah APAR sebagaimana kapasitas tabung yang dimiliki. Hindari untuk mengisi APAR dengan berlebihan, namun jangan sampai kurang juga. Penyebab pengisian sesuai kapasitas tersebut ternyata memiliki pengaruh terhadap penyemprotan APAR. 

Jika APAR telah selesai diisi ulang oleh media baru, maka anda bisa langsung menuju tahap penimbangan untuk mengetahui berapa berat total APAR. Penghitungan berat total APAR diperoleh dari penambahan berat tabung dan juga berat media APAR. 

Apabila proses telah selesai secara keseluruhan, maka anda harus menutup bagian kepala (head) APAR. Kemudian lanjutkan dengan melakukan pengisian tekanan. Pastikan proses pengisian tekanan tersebut harus berjalan sesuai standar yakni 13 hingga 15 bar. Dengan demikian maka APAR yang telah selesai melakukan proses isi ulang atau refill bisa digunakan secara optimal. Pastikan anda selalu melakukan pengecekan atau inspeksi APAR secara rutin air dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.