Distributor Jual Alat Pemadam Api Ringan

APAR CO2 (Carbon Dioxide)

Sekarang ini sudah tersedia banyak sekali model dan jenis dari alat pemadam api. Salah satu alat pemadam api yang banyak digunakan yaitu APAR CO2. APAR CO2 merupakan alat pemadam kebakaran yang menggunakan bahan karbon dioksida / CO2 dan partikel COP padat sebagai media pemadam api. Pemadam ini bisa anda gunakan untuk area yang memiliki peralatan elektronik sehingga peralatan ini tidak akan rusak, misalnya pada ruangan laboratorium, server, area komputer, dan lain sebagainya. Pemadam kebakaran yang dibuat dari bahan CO2 tidak boleh digunakan pada area confine Space atau basement karena awan karbondioksida bisa membahayakan bagi personel pemadam kebakaran itu sendiri . Alat pemadam ini juga tidak boleh anda gunakan untuk kebakaran yang disebabkan oleh bahan logam ataupun metal.

Alat Pemadam Api CO2 & Kelas Kebakarannya

Alat pemadam api yang menggunakan bahan CO2 sangat cocok dipakai untuk meredakan kebakaran pada kelas B dan C. Kebakaran untuk kelas B disebabkan oleh bahan cair seperti bensin, minyak, alkohol dan lain sebagainya. Sementara untuk kebakaran pada kelas C disebabkan oleh masalah elektrikal yaitu arus pendek maupun konsleting. Alat pemadam kebakaran CO2 memiliki sifat clean agent ya itu dia tidak meninggalkan residu setelah digunakan jadi aman untuk ruangan yang penuh dengan alat elektronik karena media CO2 bisa memproteksi ruangan pada benda sensitif.

Pengaplikasian Alat Pemadam Api CO2

Ketika anda mengaplikasikan alat pemadam kebakaran yang menggunakan bahan karbon dioksida / CO2, sebaiknya gunakan dahulu masker pernafasan. Penggunaan masker ini berguna untuk mencegah pengguna APAR CO2 menghirup kandungan karbondioksida karena bisa berdampak buruk bagi penderita penyakit asma. Para pengguna juga harus memperhatikan bagaimana sirkulasi udara di ruangan tersebut, karena bila sirkulasi udara tidak baik CO2 yang ada di dalam ruangan terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pernafasan. Anda harus memastikan bahwa ketika melakukan pemadaman api sudah tidak ada orang ataupun hewan yang terkena semprotan CO2.

Karakteristik APAR CO2 (Carbon Dioxide)

CO2 (karbondioksida) adalah senyawa bahan kimia yang dibentuk dari 1 atom karbon dan +2 atom oksigen yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan manusia. Berbagai kelebihan yang dimiliki oleh pemakaian alat pemadam api dengan bahan CO2 meliputi:

  • Bisa digunakan untuk memadamkan api dengan kelas B dan C karena merupakan bahan gas.
  • Sifat yang dimiliki oleh CO2 tidak merusak dengan daya penggunaan yang lebih efektif serta bersih.
  • Alat pemadam api CO2 bisa anda gunakan untuk memadamkan kebakaran pada ruangan seperti kantor, ruangan lab, lain sebagainya.
  • Karbondioksida (CO2) yang terdapat dalam alat pemadam api ini bisa menyerap panas sekaligus mendinginkan.
  • Konstruksi tabung yang dirancang untuk pembuatan APAR CO2 memiliki karakteristik dengan tekanan tinggi dilengkapi selang panjang dengan nozzle yang berbentuk corong.
  • CO2 yang disemprotkan terhadap kobaran api tidak membahayakan tumbuhan, hewan, ataupun manusia, walaupun begitu sangat tidak disarankan jika menghirup kandungan CO2 secara berlebihan.

Sifat-sifat CO2 di Dalam Pemadaman

  • Penyelimutan (Smothering)
  • Pendinginan (Cooling)
  • Dapat memutuskan rantai reaksi
  • Tidak menyebabkan karat
  • Dapat menurunkan kadar O2 sampai 12% – 15%
  • Berat CO2 1.5 x berat udara
  • Tidak menghantarkan arus listrik
  • Sangat baik digunakan di dalam ruangan
  • Tabung – tabung yang digunakan berisi gas CO2 yang berbentuk cair, bila dipancarkan CO2 tersebut mengembang menjadi gas.

Daftar Merk APAR CO2 (Carbon Dioxide)

Ukuran Alat Pemadam Api (APAR) CO2

Kami menyediakan APAR dengan beragam ukuran yang tentu saja dapat Anda pesan sesuai kebutuhan. Tersedia tabung pemadam kebakaran dengan dua jenis, yaitu Portable dan Trolley.
TABUNG APAR CO2 PORTABLE TABUNG APAR CO2 TROLLEY
APAR CO2 3 KG APAR CO2 9 KG
APAR CO2 5 KG APAR CO2 25 KG
APAR CO2 6,8 KG APAR CO2 45 KG

 

Cara Menggunakan APAR CO2

  1. Pastikan anda sudah menjaga jarak yang aman dari api (jarak yang sesuai dengan ketentuan yaitu 2 M), kemudian lepaskan PIN pengaman dan segel yang terdapat di dalam tabung.
  2. Sebelum melakukan proses pemadaman, pastikan bahwa tabung pemadam ini telah diisi secara utuh dan siap digunakan, selalu pastikan bahwa Pin sudah terkunci.
  3. Anda bisa menekan APAR CO2 dengan catatan: Jika bahan mudah terbakar gunakan teknik sapu dari bawah dasar api dan sapu semua pada area yang terbakar. Jika kebakarannya disebabkan oleh masalah listrik, padamkan dahulu saklar listrik kemudian pasang dan Arahkan selang untuk penyemprotan dengan APAR.
  4. Hindari untuk memegang bagian nozzle selang pemadam kebakaran karena sangat dingin dan melekat. Gerakan ujung selang menyapu ke kiri dan kanan.
  5. Pastikan bahwa seluruh api sudah mati ketika Apar telah disemprotkan.

Kerugian Bahan Pemadam CO2

  1. Pemadam api yang menggunakan bahan CO2 bisa membahayakan manusia apalagi jika Petugas pemadam kebakaran tersebut tidak menggunakan masker serta kondisi ruangan yang tidak ada udara. 
  2. Pemakaian pemadam api CO2 tidak cocok dipakai untuk ruangan terbuka, proses kerja dari pemadam api CO2 lebih optimal pada ruangan tertutup yang sudah dipastikan bahwa tidak terdapat orang atau korban yang berada di dalam ruangan tersebut.

Klasifikasi Jenis Kebakaran

Anda harus mengetahui klasifikasi tipe kebakaran yang tepat agar dapat menangani secara dini kebakaran yang terjadi. Kesalahan dalam menangani kebakaran yang tidak sesuai dengan tipe, berakibat buruk pada kebakaran yang justru semakin membesar. 

Tabung pemadam kebakaran yang cocok digunakan untuk kebutuhan ini adalah media dry chemical powder, tabung pemadam foam, dan tabung pemadam api yang menggunakan gas.

Tabung pemadam api yang cocok digunakan untuk menangani kelas kebakaran tipe B yaitu media dry chemical powder, bisa juga menggunakan tabung pemadam kebakaran media foam, pemadam api CO2, maupun tabung pemadam api gas.

Untuk menangani tipe kelas kebakaran C Anda bisa menggunakan tabung pemadam api dry chemical powder, tabung pemadam api gas, maupun tabung pemadam api dari CO2.

Untuk menangani kebakaran pada kelas Anda bisa memanfaatkan tabung pemadam api dengan tipe dry chemical powder khusus.

SPESIALIS PEMADAM KEBAKARAN

Menyediakan puluhan produk alat pemadam api ringan sertifikat ISO

DAFTAR PRODUK LAINNYA

Apar Powder

Kelas: A, B, C

APAR terbuat dari kombinasi fosfat Mono-amonium dan ammonium sulphate. 

Apar Foam Aff (Busa)

Kelas: A, B

APAR dari bahan kimia yang dapat membentuk busa AFFF (Aqueous Film Forming Foam).

Apar Gas (HALON)

Kelas: -

APAR yang menggunakan media gas sebagai pengganti Hallon / HCFC -141b.

Apar CO2

Kelas: B, C

APAR yang menggunakan CO2 (karbon dioksida) sebagai bahan pemadam.

Apar Air

Kelas: A

APAR yang diisi Air dengan tekanan tinggi untuk menanggulangi kebakaran.

Apar Thermatic

Kelas: A, B, C

APAR otomatis pengganti Fire Sprinkler System yang terpasang di atas plafon.

Hubungi Kami

Anda tidak perlu lagi bingung dalam mencari segala kebutuhan alat pemadam kebakaran dan pengamannya, karena perusahaan kami hadir