Distributor Jual Alat Pemadam Api Ringan

APAR Air (Water)

Air adalah salah satu bahan yang bisa digunakan untuk memadamkan api kebakaran dan cukup efektif. Tapi apabila anda lihat dari berbagai kondisi, penggunaan air sebagai pemadam kebakaran justru tidak disarankan. Hal ini dikarenakan pemakaian air dalam proses pemadaman kebakaran bisa menyebabkan konsleting listrik. Apalagi untuk memadamkan ruangan yang banyak memakai gaya tenaga listrik di setiap sisinya.

Bahan APAR Air

Sekarang ini sudah banyak sekali jenis alat pemadam kebakaran yang bisa anda beli di toko. Meskipun sudah tersedia dengan berbagai jenis, ternyata penggunaan tabung pemadam kebakaran yang berisi water (air) masih banyak digunakan. Seperti yang diketahui, air adalah salah satu jenis bahan pemadam kebakaran yang paling mudah diperoleh.

Apa lagi pemakaian air sebagai bahan pemadam kebakaran juga cukup efektif serta efisien dilihat dari fungsi serta biayanya. Anda bisa menemukan dengan mudah bahan material air tanpa membutuhkan uang yang banyak. Selain itu, air bisa memadamkan api yang disebabkan oleh berbagai sumber dibandingkan jenis bahan pemadam kebakaran yang lainnya. Tak heran jika pemakaian tabung pemadam kebakaran yang berisikan air lebih banyak diminati masyarakat Indonesia. Hanya saja, penggunaan tabung pemadam kebakaran air ternyata memiliki fungsi yang kurang baik.

Alat pemadam api jenis air dibuat dari campuran karbon dioksida. Bahkan akhir-akhir ini, pemakaian tabung alat pemadam api jenis air telah dikembangkan sehingga ia mengandung foaming agent (bahan pembentuk busa) yang lebih dikenal dengan AFFF untuk kebakaran pada cairan kimia yang mudah terbakar.

Cara Menggunakan APAR Air (Water)

Alat pemadam api yang menggunakan air memiliki sifat pendingin. Anda bisa menyemprotkan tabung pemadam api berisikan Air ini dalam jarak jauh ketika tabung memiliki tekanan air yang berkonsentrasi. Dengan aliran Debit air yang yang cukup deras ia bisa menurunkan suhu bahan bakar hingga titik bawah pengapian.

Dalam penggunaannya, tabung pemadam api air bisa anda gunakan untuk memadamkan api yang membakar material bersifat padat dan kering, seperti: Kayu, kertas, kardus, ataupun material lainnya yang serupa. Selain itu, alat pemadam kebakaran yang menggunakan bahan air bisa memadamkan api yang disebabkan oleh cairan mudah terbakar seperti bensin ataupun minyak.

Hanya saja dalam kondisi tertentu, penggunaan alat pemadam api yang menggunakan air justru tidak disarankan, apalagi jika penyebab kebakaran tersebut adalah konsleting listrik.

Sifat APAR Air

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, alat pemadam kebakaran yang menggunakan bahan air tidak selalu menjadi alat pemadam terbaik. Hal ini dikarenakan sifat larutan elektrolit dalam peristiwa tersebut bisa menjadi penghantar listrik yang justru membuat kebakaran api lebih membesar. Hal ini sangat mungkin saja terjadi apalagi mengingat air merupakan konduktor yang bisa menghantarkan listrik dengan baik.

Selain berisi air bisa membuat kobaran api semakin membesar, penggunaan tabung pemadam jenis ini dapat menyebabkan kecelakaan pada pemadam karena tersambar arus listrik yang merambat melalui aliran air. Dan hindari pemakaian tabung pemadam kebakaran yang berisikan air untuk memadamkan api dikarenakan lemak atau minyak yang biasanya terjadi pada area dapur.

Penggunaan tabung pemadam kebakaran isi air tidak cocok untuk memadamkan lemak atau minyak yang terbakar di area dapur karena sifatnya yang saling berlawanan. Sehingga pemadaman air justru bisa menimbulkan kebakaran api pada lahan sekitarnya.

Daftar Merk APAR Air

Ukuran Alat Pemadam Api (APAR) Air

Kami menyediakan APAR dengan beragam ukuran yang tentu saja dapat Anda pesan sesuai kebutuhan. Tersedia tabung pemadam kebakaran dengan dua jenis, yaitu Portable dan Trolley.
TABUNG APAR AIR PORTABLE TABUNG APAR AIR TROLLEY
APAR AIR 3 KG APAR AIR 9 KG
APAR AIR 5 KG APAR AIR 25 KG
APAR AIR 6,8 KG APAR AIR 45 KG

 

Klasifikasi Jenis Kebakaran

Anda harus mengetahui klasifikasi tipe kebakaran yang tepat agar dapat menangani secara dini kebakaran yang terjadi. Kesalahan dalam menangani kebakaran yang tidak sesuai dengan tipe, berakibat buruk pada kebakaran yang justru semakin membesar. 

Tabung pemadam kebakaran yang cocok digunakan untuk kebutuhan ini adalah media dry chemical powder, tabung pemadam foam, dan tabung pemadam api yang menggunakan gas.

Tabung pemadam api yang cocok digunakan untuk menangani kelas kebakaran tipe B yaitu media dry chemical powder, bisa juga menggunakan tabung pemadam kebakaran media foam, pemadam api CO2, maupun tabung pemadam api gas.

Untuk menangani tipe kelas kebakaran C Anda bisa menggunakan tabung pemadam api dry chemical powder, tabung pemadam api gas, maupun tabung pemadam api dari CO2.

Untuk menangani kebakaran pada kelas Anda bisa memanfaatkan tabung pemadam api dengan tipe dry chemical powder khusus.

SPESIALIS PEMADAM KEBAKARAN

Menyediakan puluhan produk alat pemadam api ringan sertifikat ISO

DAFTAR PRODUK LAINNYA

Apar Powder

Kelas: A, B, C

APAR terbuat dari kombinasi fosfat Mono-amonium dan ammonium sulphate. 

Apar Foam Aff (Busa)

Kelas: A, B

APAR dari bahan kimia yang dapat membentuk busa AFFF (Aqueous Film Forming Foam).

Apar Gas (HALON)

Kelas: -

APAR yang menggunakan media gas sebagai pengganti Hallon / HCFC -141b.

Apar CO2

Kelas: B, C

APAR yang menggunakan CO2 (karbon dioksida) sebagai bahan pemadam.

Apar Air

Kelas: A

APAR yang diisi Air dengan tekanan tinggi untuk menanggulangi kebakaran.

Apar Thermatic

Kelas: A, B, C

APAR otomatis pengganti Fire Sprinkler System yang terpasang di atas plafon.

Hubungi Kami

Anda tidak perlu lagi bingung dalam mencari segala kebutuhan alat pemadam kebakaran dan pengamannya, karena perusahaan kami hadir