Jual Alat Safety / Alat Pelindung Diri (APD)

Masker Respirator Kebakaran

Jual Masker Respirator Kebakaran Standar SNI

FireSafety.co.id merupakan sebuah situs yang menyediakan masker respirator sebagai alat bantu pernafasan saat kebakaran. Terdapat dua jenis masker respirator yang kami sediakan yakni masker kimia (filter) dan masker SCBA.  Disamping itu, beragam merk dengan harga yang bervariatif juga bisa Anda pesan pada situs ini. Perusahaan kami berkomitmen untuk menyediakan masker respirator yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Pengujian standar kualitas tersebut sangat penting untuk menunjang keselamatan para petugas yang berjibaku memadamkan api agar memiliki sirkulasi pernafasan yang terjaga dan mampu menyelesaikan tugas dalam waktu singkat.

Masker Respirator Pemadam Kebakaran

Masker respirator untuk kebakaran atau biasa disebut merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk memudahkan pernafasan manusia dalam kondisi asap kebakaran intensitas tinggi, baik dengan dibantu dengan oksigen atau hanya filter. Dengan demikian maka pencemaran udara dapat dinetralkan untuk selanjutnya dihirup. Masker respirator untuk kebakaran terbuat dari bahan karet sintetis serta plastik yang telah dilengkapi dengan penyaring atau filter. Filter yang terdapat pada masker respirator tersebut dapat diganti secara berkala. Secara umum, masker respirator untuk kebakaran memiliki model pemakaian berupa half-face mask, yakni menutup area mulut hingga hidung dengan cukup rapat.

Masker SCBA

Merupakan masker respirator yang dibantu dengan tangki di bagian belakangnya berfungsi untuk menyuplai oksigen. Penggunaan masker SCBA seringkali digunakan pada pemadaman kebakaran berskala besar, seperti kebakaran hutan, kebakaran pabrik, kebakaran kilang minyak dan lain sebagainya. Tangki sebagai respirator tersebut memiliki berat sekitar 14 kg bahkan lebih. Sebelum menggunakan masker SCBA, pastikan anda telah mendapatkan pelatihan khusus terkait Bagaimana cara penggunaannya.

Masker Kimia 

Masker kimia merupakan masker respirator yang terdiri dari satu hingga dua filter yang berfungsi untuk menetralkan pencemaran udara akibat kebakaran. Masker respirator ini tidak dilengkapi dengan tangki sebagaimana masker SCBA, sehingga hanya bisa digunakan untuk pemadaman berskala kecil, seperti kebakaran rumah dan lain-lain. Perlu Anda ketahui, masker respirator dengan filter ganda mampu secara otomatis memiliki kemampuan penyaringan dua kali lebih baik jika dibandingkan dengan masker respirator dengan filter tunggal.

Masker Half-Face Mask

Merupakan masker respirator yang tidak dilengkapi dengan penutup atau pelindung mata pada bagian atasnya. Masker half-face mask biasanya digunakan dalam proses pemadaman yang di dalamnya tidak mengandung uap gas yang membahayakan mata atau asap kebakaran yang tidak terlalu. Hal inilah yang menjadikan masker half-face mask cocok digunakan pada bagian titik kebakaran berskala kecil hingga sedang.  Seperti kebakaran rumah, kebakaran pemukiman penduduk, kebakaran area perkantoran dan lain sebagainya. Masker half-face mask secara umum juga tidak didukung dengan tangki oksigen. Sehingga model masker half-face mask ini seringkali hanya berlaku pada masker kimia.
 

Masker Full-Face Mask

Merupakan masker respirator yang dilengkapi dengan pelindung atau penutup pada bagian atasnya. Masker full-face mask seringkali diaplikasikan pada proses pemadaman kebakaran yang didalamnya telah mengandung uap gas berbahaya bagi kesehatan mata atau asap kebakaran yang terlalu pekat. Hal tersebut menjadikan masker full-face mask layak untuk diguanakan dalam tugas pemadaman pada titik kebakaran berskala sedang hingga besar. Seperti kebakaran hutan, kebakaran kilang minyak, kebakaran pabrik dan lain sebagainya. Secara umum, masker respirator full-face mask telah didukung dengan tangki oksigen. Sehingga model masker full-face mask ini seringkali hanya berlaku pada masker SCBA.

Bagaimana Masker Respirator
Bekerja Terhadap Pernafasan Manusia?

Pada masker respirator kimia, bekerja sangat baik digunakan pada area tertentu yang memiliki kualitas udara dengan kandungan uap hasil oksidasi atau proses kimia lainnya. Sehingga tak jarang jika masker ini juga tidak hanya digunakan pada saat kebakaran saja, namun dalam berbagai aktivitas lainnya yang memiliki skala polusi cukup rendah, seperti aktivitas pengecatan, pengelasan, pembuangan sampah dan masih banyak lagi. Sementara pada masker respirator SCBA, bekerja dengan cara menetralisir pencemaran udara akibat kebakaran. Sekaligus memberikan pasokan oksigen dari tangki sebab kadar oksigen di luar sangat rendah.

Aturan Penggunaan Masker Respirator Kimia & SCBA

  1. Perlu Anda ketahui, masker respirator kebakaran ini bertujuan agar sistem pernafasan tetap membaik khusus pada area yang tercemar atau berkadar oksigen rendah. Sehingga tidak disarankan untuk digunakan dalam penggunaan sehari-hari, bahkan terus menerus.
  2. Jika anda berada dalam suatu area kebakaran yang memiliki kadar oksigen sangat rendah, hampir menyentuh angka lebih dari 19,3%. Maka penggunaan dari masker respirator tidak akan efektif untuk sistem pernafasan anda. Sehingga diperlukan adanya tabung oksigen yang harus terpasang atau masker SCBA.
  3. Apabila berada dalam area kebakaran yang memiliki tingkat pencemaran cukup tinggi, sebaiknya Anda mengambil waktu untuk keluar serta menghirup udara bersih selama beberapa detik. Jika dirasa cukup, maka anda dapat kembali pada area tersebut dengan menggunakan masker respirator. Hal ini sangat penting demi kesehatan paru-paru tanda ketika sedang bertugas di lapangan.
  4. Jika anda sedang berada pada area kebakaran yang mengandung penguapan gas berbahaya, maka sebaiknya anda menggunakan full-face mask yang terdiri dari masker respirator serta penutup atau pelindung mata. Hal yang semacam ini tidak hanya berlaku untuk pemadam kebakaran, namun juga pada kasus tertentu yang melibatkan Pasukan Anti huru-hara.

 

                                                                                  

Jangkauan Pengiriman Jawa Timur

Batu, Bojonegoro, Gresik, Kediri, Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pasuruan, Probolinggo, Sidoarjo, Surabaya, Tuban

Jangkauan Pengiriman Jawa Tengah

Magelang, Pekalongan, Salatiga, Semarang, Surakarta, Tegal, Brebes, Blora, Batang, Boyolali, Cilacap, Jepara, Kudus, Pati, Solo

Jangkauan Pengiriman Jawa Barat

Bandung, Banjar, Cilegon, Cimahi, Cirebon, Sukabumi, Tasikmalaya

Jangkauan Pengiriman JABODETABEK

DKI Jakarta, Bogor, Depok, Banten, Bekasi

Daftar Alat Safety Pemadam Kebakaran

JUAL PERLENGKAPAN ALAT PELINDUNG DIRI

Baju Pemadam

Pakaian khusus untuk pemadam kebakaran yang bersifat tahan panas dan api. 

Sepatu Pemadam

Fire boot untuk melindungi kaki dari cidera akibat terjadinya kebakaran api. 

Safety Sign (RAMBU)

Rambu petunjuk bahaya kebakaran yang memberikan informasi hal yang harus dihindari maupun dilakukan ketika terjadi bencana. 

Helm Pemadam

Helm sebagai pengaman untuk melindungi kepala bagian atas serta rambut.

Perahu Karet

Perahu karet sebagai alat safety untuk mengevakuasi korban bencana kebakaran dlsb. 

MASKER RESPIRATOR

Masker respirator berfungsi untuk mempermudah sirkulasi pernafasan para petugas pemadam saat menjinakkan titik kebakaran.

Hubungi Kami

Anda tidak perlu lagi bingung dalam mencari segala kebutuhan alat pemadam kebakaran dan pengamannya, karena perusahaan kami hadir